Jumat, 13 Februari 2009

near to death experience.

(ini dia yang bikin gue megapmegap)

gue udah ga enak hati sehari sebelum presentasi akhir studio dimana hari itu juga kelompok gue harus ngeprin poster yang waktu dan tempatnya uda direserved seminggu sebelum. malemnya gue masih ngurusin outline desain bagian gue sama beberapa imej yang harus masuk poster, besok pagi jam 9 bagian gua harus udah selesai dan jam 1 poster harus uda di prin. berhubung akhir semester, tempat2 prin murah mesti di buking dulu. kalo ga, mahasiswa tak tahu menahu bakal gigit jari karena kehabisan 'lahan' reservasi.
jadi gue mikir tinggal nunggu kerjaan temen kelompok gue beres, di compile, edit2 dikit terus ngeprint. dan bisa fokus nyiapin presentasi. rapi banget angan angan gue.
pagi, jam yang ditentukan buat mengcompile kerjaan bersama, gue ga bisa menghubungi salah satu temen gue itu. yeem ga dibales, sms apalagi, telpun ga diangkat. gue panik. mencoba tenang (tapi tetep panik). jam 11 siang, gue pergi kerumah yang bersangkutan dan mendapati dirinya masi ngutak ngatik bahan poster! bahkan belum masuk ilustrator! huwaaaah!!! padahal tinggal dua jam kurang...
mau ngedamprat keburu lemes, lagian gaguna juga. gue menawarkan bantuan dan mengigatkan kalo jam 1 kita harus naik cetak (kek majalah aja).
sampe jam 1 kurang, gue mau gamau pasrah karena kerjaan dia belum beres. alhasil gue nyari tempat lain yang masi bisa buat direservasi. ketemu. cuma lebih mahal dan tutup jam 6 sore. oke.
jam 3 temen gue yang kebagian ngurus presentasi dateng sebagai bala bantuan (gue harap) eh taunya ditengah kehectic-an mereka malah sempet2nya debat halhal yang DARI KEMAREN UDAH DIPUTUSKAN. duh greget bukan main... ini guekah yang gabisa kerja dengan waktu apa mereka???
gue nyaris megapmegap pas liat angka 5:33 di laptop. dan muka gue panaspanas karena mesti mikirin hal yang ga gue inginkan dan tau itu bakal terjadi didepan mata.
HAYYYYY KAWAN!!! ini udah jam segini jangan debat mulu!!! ngomong itu ngabisin waktu!!!
gue tau, aksi gue yang dikit2 ngingetin sisa menit itu ga disukai. sebodo.

kek kena serangan fajar, jam 7:47 poster baru jadi dan mereka baru nanya "kita ngeprin dimana ya?" WTF! itu udah gue pikirin sendiri daritadi.
"mungkin harus ke erfurt" kata temen gue yang tadinya ngurusin presentasi.
"kita cek ke pool komputer kampus" kata temen gue yang 'ngurusin' poster.
gue gabisa berkata apaapa. mau ke erfurt pun sampe jam berapa? terus presentasi yang ngurus siapa? mau ke pool komputer pun rasanya siasia karena GUE TAU KITA TETEP HARUS BUKING DULU SEMINGGU SEBELUMNYA. dan gue udah ngingetin itu berkalikali.
gue cuma jalan ke pintu duluan, udah males. kita liat ntar, kata gue lemes.

sampe di pool kompi, semua ruangan plot penuh...orang orang sibuk dan yang gue yakin mereka juga ga peduli sama masalah orang selama mereka ngurusin masalah sendiri. temen gue masuk ke ruang servernya nanya sama supervisornya apakah kita bisa ngeprint apa engga.

"NEIN. das ist nicht moglich"
dijawab gitu bahkan sebelum kalimat tanyanya selesai.

...

ga nyerah sampe situ,gue langsung nanya2 sama orang2 dimana lagi kira2 tempat prin yang masi buka sampe jam segini di weimar. sementara temen gue yang satu mencoba mintaminta disisipin waktu buat ngeprin 4 poster ke mahasiswa2 itu. temen gue yang satunya merayurayu si supervisor.
yang ada malah kita dipelototin orang2 dianggap kaya lalat sampah yang lalu lalang nyari tempat sampah.
dan tatapan mengusir.
sumpah, pengen gue tampar forward backward si ibu angkuh tipikal jerman itu. tampak ga ada yang menyenangkan di ruangan ini.

saat itu, gue langsung memaksa diri berada pada titik bahwa oke, gue harus tahan2 keinginan gue buat melempar kesalahan pada seseorang dan menekankan bahwa "tuh kan gue bener, kalian ga mau dengerin sih!"
karena mereka pasti udah tau. dan mereka ga butuh ada seseorang yang mengeluarkan argumentasi lagi. kelompok gue ga butuh.
mata gue uda merah antara kesel dan kecapean dan pilek. temen gue yang satu malah nangis, yang satu nelepun temennya nanyatempat ngeplot jam segini yang masi buka di kota lain deket weimar.
karena gimanapun, poster ini harus ada besok pagi di panel eksibisi saat kita presentasi. dan gue ga mau bikin excuse apapun menghadap profesor minta pengunduran waktu karena masalah ini. engga. itu bukan gue.
rencana berubah, temen gue yang satu nunggu di pool kalikali ada yang selesai ngeprin lebih cepet dari waktu reservasi (dan orang jerman gabisa diajak kongkolingkong, ga ada tuh namanya nilep nilep) dan setelah itu dia bakal memohonmohon lagi si supervisor ngizinin ngeprin.
gue ngajak temen gue yang nangis ketempat ngeprin lain buat ngeliat jadwal buka. in case ada yang buka jam 8 pagi,pait2nya kita ngeprin poster ini besok pagi.

ditangga pool gue siap menghadapi hal yang terburuk--tak ada kabar baik buat presentasi kelompok gue. gue entah kenapa, bisa sedikit lebih santai.

sampe di salah satu tempat plot,gue liat waktu bukanya jam 10 pagi. oh Tuhan...baiklah kalo begitu. gue merem sambil nyandarin jidat gue yang berkeringat dingin ke kaca etalase.

tibatiba, dari dalem ada bunyi gemerincing. gue intip2 dan dari kaca jendela ngeliat anjing si pemilik keluar menuju ruang plot, si tuannya ngikut dari belakang (tampak kebalik). terus di pemilik itu duduk di dapan komputer. dan gue bisa denger bunyi mesin plot berdengung.

gue kontan masuk.
bertanya sambil berharap. berharap sambil bertanya.
"mau ngeprin poster A1 4 lembar,bisa?"
"tentu" jawabnya, terus senyum.

WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH

gue gatau itu kenapa toko ini masi buka, katanya karena dia belum pulang karena mau ada pesta di bar sebelah jam 10 ini. jadinya dia masi ada di toko. perkara kenapa dia masi mau menyediakan jasa prin, buat gue itu semata karena kebaikan hatinya. oh Mr. nice guy you save my day!

terus gue merasa lebay bukan main pas lari2 sambil ketawa sendiri ke pool buat ngambil usb yang di pegang temen gue. sekaligus ngejemput dia. (ini gara2nya hape gue abis pulsa juga sih)

kok rasanya dramatis sekali.

hahahahhaha
(sial, baru abis itu gue ketawa)



3 komentar:

melur mengatakan...

itu tugas loe mot? kerennnn banget siiiihhh

satirelane mengatakan...

tugas yang bikin ngosngosan XD

Anonim mengatakan...

Cimomot,...

ya ampun..
capek ya jadi mahasiswa?
haha..

apa kabar jengg?

ngeplot ma wawan aja Mot!
ih,
semangat ya sayang