Senin, 08 Maret 2010

diatas langit masih ada langit

dipikir-pikir, saya masih susah meredakan kepanikan. tapi setibanya tampill diatas podium, atau panggung, atau dengan tatapan penonton,  tiba-tiba entah dari mana saya bisa menghirup ketenangan sejadi-jadinya. bicara didepan orang sebanyak itu mengalir seolah sebelumnya saya memang seperti itu. saya berpikir, seandainya dari sebelum muncul pentas, saya bisa setenang itu, tentu hasilnya akan lebih baik lagi. 

sebelum menunggu giliran presentasi untuk model project forum internasional itu, saya kerap ngoceh ga keruan tentang bagaimana kalau nanti saya lupa apa yang akan saya bicarakan didepan forum pada rekan kuliah saya. dan mereka senantiasa menguatkan saya, kalau semua akan baik-baik saja. tapi saya tahu itu. semuanya akan baik-baik saja. mungkin inilah yang disebut dengan menurunkan kadar ekspetasi sebelum memulai petarungan, atau mengalihkan perhatian lawan terhadap kemampuan saya sebenarnya. 

dari dulu saya sadari, kalau saya ini memang manipulatif. tapi tetap saja, saya lebih mendambakan ketenangan. buat saya, diam lebih baik. lebih pintar. tentu, dalam diam itu saya bisa melakukan banyak hal, seperti mengobservasi keadaan, merumuskan strategi, mendeteksi kekuatan dan kelemahan sekitar atau refleksi terhadap diri sendiri. meditasi. 

selesai model project forum, nama saya dipanggil sebagai peringkat ketiga (tentu saja saya ga berharap sebesar ini sebelumnya). begitulah, jadi saya merasa kepanikan saya ga ada gunanya, cuma buang-buang energi. saya masih harus belajar bagaimana mengendalikannya. 

bah! ini saya nulis apaan sih?

2 komentar:

tiffa mengatakan...

waaaw keren sekali dapet prestasi internasional begitu,
acaranya forum apa sih? boleh tau?
ada linknya?

selamat yaaa :)

satirelane mengatakan...

:D acara yang diselenggarakan kampus. wahai tifa, sebenernya gw terjebak didunia yang asing, hahaha. silakan linknya ;)
http://www.uni-weimar.de/cms/architektur/ifeu/detailansicht/datum////whsoe-city-participatory-stratgies-amd-current-practices-in-urbanism.html?tx_ttnews%5BbackPid%5D=7303&cHash=d2654691b4